penyebab smartphone susah sinyal

5 Penyebab Sinyal Smartphone Hilang dan Tidak Stabil

Pasti diantara kalian pernah mengalami sinyal smartphone hilang. Tentu saja hal tersebut sangat menjengkelkan, apalaig jika anda sedang asik telepon atau bermain media sosial. Ada berbagai penyebab hal yang menjadikan sinyal pada smartphone anda hilang.

Saat sinyal smartphone hilang, maka koneksi data internet otomatis terputus, tidak bisa mengirim pesan apalagi mencoba untuk melakukan panggilan dengan orang. Salah satu efek kondisi dari hilangnya sinyal adalah baterai smartphone menjadi cepat habis, karena ponsel berusaha keras untuk mencari sinyal yang ada di sekeliling.

Nah pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai beberapa penyebab sinyal smartphone hilang. Oke langsung saja simak artikelnya di bawah ini.

5 Penyebab Sinyal Smartphone Hilang dan Tidak Stabil

Berikut ini adalah beberapa penyebab sinyal smartphone hp baik itu android maupun ios hilang atau tidak stabil yang kami kutip dari abduweb.com, antara lain.

1. Jangkauan BTS Provider Selular yang Terbatas

Sebagus apapun tipe smartphone anda, jika jangkauan antena dan sinyal di tempat tidak ada atau jauh, tentu saja hal tersebut akan sulit untuk mendapatkan atau menangkap jaringan yang stabil dan penuh.

Anda bisa melihat apakah di tempat anda berada ada sinyal dari BTS yang meng-cover area anda atau tidak. Coba lihat smartphone teman anda apakah mereka juga mengalami hal yang sama atau tidak.

2. Kinerja CPU tidak stabil

Sistem yang terlalu bekerja keras juga bisa mempengaruhi kinerja smartphone dalam menangkap sinyal dari provider yang anda gunakan.

Bahkan saat sistem sedang sibuk dan terjadi masalah program, bisa jadi salah satu fungsi penala signal tidak stabil, atau bahkan sampai terhenti.

3. Aplikasi bermasalah

Selain sistem yang mengalami error, salah satu aplikasi pada smartphone anda juga bisa menjadi pemicu tangkapan sinyal ponsel tidak stabil dan tidak ada.

Begitu juga dengan aplikasi yang terlalu membebani kinerja RAM dan Prosesor juga menjadi penyebab sistem crash tidak bisa menjalankan fungsi sinyal dengan baik atau bahkan tidak mendapatkan sinyal.

4. Hardware Rusak

Penyebab yang keempat adalah alat penangkap sinyal yang ada di smartphone anda mengalami melemah atau bahkan mengalami kerusakan. Hal tersebut tentunya membuat kondisi sinyal smartphone sering hilang muncul atau bahkan tidak ada.

5. Kesalahan Flashing

Penyebab yang terakhir adalah kesalahan melakukan flash atau memasukkan ROM yang salah. Memasukan ROM yang salah juga menjadi salah satu penyebab sinyal Blank tidak muncul walaupun kondisi jaringan provider selular yang anda gunakan saat itu sedang bagus.