Hasif Priyambudi Hello World!!!

Pengertian BIOS dan Fungsi BIOS

1 min read

Apa Itu Bios?

Pengertian BIOS dan Fungsi BIOSBasic Input/Output System atau yang biasa disebut dengan BIOS adalah suatu program yang ditulis dengan bahasa Assembly yang berfungsi untuk mengatur fungsi dari perangkat keras komputer.

BIOS ini umumnya disimpan pada chip memori flash atau ROM yang terbuat dari bahan CMOS(Complementary Metal-Oxide Semiconductor). Kebanyakan orang menyebut baterai yang menempel pada motherboard dengan sebutan baterai CMOS.

Baterai CMOS ini berfungsi untuk menjaga tanggal serta pengaturan laiinya yang sudah disetting oleh pengguna supaya tidak hilang walaupun komputer dimatikan.

Tugas utama dari BIOS adalah memuat sistem operasi atau yang biasa kita sebut dengan istilah booting. Selain itu BIOS juga bertugas untuk menyediakan intruksi kepada mikroprosessor untuk menyalakan komputer.

Salah satu intruksi yang diperintahkan BIOS adalah POST (Point On Self Test), intruksi ini berfungsi untuk menguju status pengoprasioan semua hardware pada komputer.

Selain itu terdapat intruksi lain seperti melakukan aktivasi chip BIOS yang ada di beberapa komponen lain komputer dan memeriksa serta mengelola peripheral komputer.

Fungsi-Fungsi BIOS pada Komputer

Selain fungsi yang sudah saya jelaskan diatas, ada fungsi lain BIOS seperti di bawah ini.

1. Menjalankan Perintah POST (Power on Self Test)

Salah satu tugas utama dari BIOS adalah melakukan pengecekan ke beberapa perangkat pada komputer. Selain itu BIOS juga bisa memberikan informasi mengenai spesifikasi perangkat keras yang ada di motherboard.

2. Mengatur Konfigurasi Dasar pada Komputer

BIOS ini juga mengatur konfigurasi terhadap perangkat komputer berdasarkan fungsinya masing-masing. Konfigurasi ini umumnya dimanfaatkan oleh beberapa orang terutama para gamer yang ingin meningkatkan kinerja/performa suatu komputer (Overclocking).

Selain itu BIOS ini juga berfungsi untuk melakukan settingan saat kita pertama kali mau install sistem operasi. Baca Juga cara masuk bios acer.

Komponen-Komponen BIOS

BIOS ini bisa berjalan karena terdapat beberapa komponen yang ada di dalamnya, komponen-komponen tersebut diantaranya adalah.

1. Program BIOS Setup

Program ini berguna untuk mengubah konfigurasi komputer seperti tipe hard disk, disk drive, kinerja komputer, manajemen daya dan lain sebagainya sesuai dengan keinginan user.

BIOS menyembunyikan detail-detail perangkat yang cukup rumit supaya para pengguna yang masih awam tidak bingung saat melihatnya. Tapi jika kamu inign mengetahui lebih mengenai detail tersebut diperlukan sedikit keahlian.

2. Program Bootstraper Utama

Program yang satu ini berperan dalam proses booting ke dalam sistem operasi yang sudah kita install sebelumnya.

3. Driver

Fungsi driver ini ditujukan untuk perangkat keras komputer seperti processor, VGA, input device dan beberapa perangkat yang lainnya untuk sistem operasi dasar 16 bit pada keluarga DOS.

Baca Juga: Cara Masuk BIOS Laptop Hp

Macam-Macam BIOS

Produsen BIOS yang paling sering dijumpai adalah AMI (American Megatrends Inc), tapi sebenarnya masih banyak sekali produsen-produsen BIOS yang mungkin belum kalian ketahui, seperti:

  1. Avit
  2. Acer
  3. ALI
  4. AME Group
  5. Amptron
  6. Amstrad
  7. Antec
  8. Aopen
  9. ASUS
  10. Award
  11. Biostar
  12. Bare-Bone
  13. Commate
  14. Compaq Computer
  15. Computex
  16. Data Expert/Expert Media
  17. Dell Computer
  18. Diaomond Multimedia
  19. DEC (Digital Equipment Corporation)
  20. Elitegroup Computer Systems
  21. Famous Technology
  22. FIC
  23. Flexus
  24. Gemlight
  25. Gateway
  26. Fujitsu
  27. IBM
  28. Intel
  29. J-Mark
  30. Jamicon
  31. Jetway
  32. Koutech
  33. Mylex
  34. Micron
  35. Matsonic
  36. NEC
  37. NCR
  38. Packard Bell
  39. Phoenix
  40. Pine Group
  41. PC Partner

FAQ

Apa Itu BIOS?

BIOS adalah suatu program yang ditulis dengan bahasa Assembly yang berfungsi untuk mengatur fungsi dari perangkat keras komputer.

Macam-Macam BIOS

Biostar, Bare-Bone, Commate, Compaq, Computer, Computex, Data Expert/Expert, Media, Dell Computer, Diaomond Multimedia dan lain sebagainya

Hasif Priyambudi Hello World!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *