Hasif Priyambudi Hello World!!!

Cara Masuk BIOS Asus

1 min read

Cara Masuk Bios Asus

Cara Masuk Bios Laptop Asus – BIOS (Basic Input Output System) adalah sebuah software atau firmware yang berguna untuk mengatur fungsi dasar dari hardware komputer. Fungsi dasar tersebut seperti Tanggal, Primary Boot dan lain sebagainya.

Ada beberapa alasan kenapa kita harus masuk ke menu BIOS laptop Asus kita. Salah satu alasannya adalah untuk melakukan konfigurasi terhadap sistem hardware.

Perbedaan BIOS dengan sistem operasi terletak di penyimapanannya, jika Sistem Operasi disimpan di HDD atau SSD. Sedangkan BIOS tersimpan di ROM sebuah CMOS (Complimentary Metal Oxide Semiconductor) yang berada di motherboard.

Selain itu BIOS juga memungkinkan intruksi POST (Power On Self Test) dilaksanakan, fungsi ini berguna untuk mengidentifikasi serta konfigurasi setiap komponen dari sistem. Komponen sistem tersebut meliputi VGA, RAM, Keyboard, SSD, CD, dan lain sebagainya.

Jika dilihat dari fungsi di atas, tentu saja BIOS ini memiliki peranan yang sangat penting bagi perangkat komputer. Jika laptop Asus kamu memiliki masalah, maka mengubah beberapa hal di BIOS bisa menjadi solusi yang tepat.

Cara Masuk BIOS Laptop Asus

Nah berikut ini adalah cara masuk BIOS Laptop Asus, kita ambil saja contoh disini menggunakan ASUS x441n atau a455I.

1. Matikan Laptop Asus kamu terlebih dahulu.

2. Setelah itu nyalakan kembali laptop kamu, dan tunggu logo ASUS muncul.

3. Saat logo brand Asus muncul, tekan tombol F2/Del.

4. Lalu tunggu tampilan BIOS sampai muncul.

5. Selesai.

Jika dilihat diatas, terlihat sangat mudah bukan? Tapi bagaimana jika kita tidak bisa masuk padahal sudah menekan tombol F2/Del?. Untuk masalah seperti itu, kita harus perhatikan terlebih dahulu apa OS yang kita gunakan. Atau bisa jadi karena fast startup.

Cara Masuk BIOS Windows 10

Windows 10 mempunyai fitur yang mirip dengan windows 8, yaitu Fast Startup. Dan mungkin fitur itulah yang menjadi salah satu penyebab kamu tidak bisa masuk ke BIOS. Nah begini cara akses BIOS Asus Windows 10, simak dengan baik.

  1. Buka Start Menu.
  2. Masuk ke Settings.
  3. Pilih menu Update & Security.
  4. Lalu pilih Recovery yang ada di panel kiri.
  5. Lalu di Advanced Startup, klik Restart Now.
  6. Lalu pilih di Troubleshoot.
  7. Klik pada Advanced Options.
  8. Setelah itu klik UEFI Firmware Settings.
  9. Lalu pilih Restart.
  10. Selesai (Silahkan buka BIOS dengan cara diatas tadi).

Waktu yang dibutuhkan komputer untuk melakukan booting tergantung dari jenis penyimpanan yang kamu gunakan, jika kamu menggunakan SSD akan lebih cepat dibandingkan kamu menggunakan HDD.

Tujuan adanya fitur Fast Startup adalah untuk mempercepat proses booting. Ada beberapa orang yang nyaman dengan fitur tersebut, tapi ada juga orang yang tidak nyaman dengan fitur tersebut.

Daftar Tombol Masuk BIOS Asus Laptop

Jika kamu lihat di situs resmi ASUS, rata-rata tombol BIOS menggunakan F8. Namun ada beberapa tipe tertentu yang berbeda. Sebenarnya kamu bisa cek sendiri saat brand logo ditampilkan pada awal menyalakan komputer.

Selain F2/Del, ada beberapa tombol lain seperti ESC, F8, dan F12.

Nah itulah Cara Masuk BIOS Laptop Asus, jika kamu masih bingung kamu bisa melihat video di bawah ini atau bertanya di kolom komentar.

Hasif Priyambudi Hello World!!!

One Reply to “Cara Masuk BIOS Asus”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *