alasan batubara menjadi primadona

Negara Produsen Batubara Terbesar

Batubara merupakan salah satu sumber energi yang paling besar digunakan setelah minyak bumi. Hal tersebut bisa dibuktikan dari manusia yang tidak bisa melepaskan diri dari ketergantungan penggunaan batubara. Meskipun negara majuh sudah melakukan berbagai strategi peralihan ke energi ramah lingkungan, kebutuhan batubara global masih terus meningkat.

Peningkatan produksi batubara terus dilakukan oleh perusahaan-perusahaan tambang, meskipun jumlah cadangannya semakin menyusut. Hasil produksi yang terus meningkat membuat peringkat negara produsen batubara dunia sering mengalami perubahan.

Negara Produsen Batubara Terbesar di Dunia

Berikut ini adalah beberapa negara dengan produsen batubara terbesar di dunia, antara lain:

1. China

China adalah salah satu negara penghasil batubara paling terkemuka di dunia. Negara ini bisa mempproduksi sekitar 3,6 milliar ton batubara.

Tidak heran jika negara ini menjadi penyumpang batubara terbesar di dunia, negara ini mampu menyumbang batubara sebesar 475 di dunia. Bahkan negara ini dikabarkan mempunyai cadangan batubara sebanyak 114,5 miliar ton dan mempunyai 12.000 tambang di seluruh dunia.

2. Amerika Serikat

Selanjutnya adalah Amerika Serikat, Total produksi di negara adidaya ini diperkirakan mencapai 922 juta ton per tahun. Negara ini menyumbang batubara sebesar 13% di dunia.

Selain itu Amerika juga merupakan konsumen terbesar kedua di dunia. Konsumsi batubara di negara ini mencapai 11% konsumsi batubara dunia yang mayoritas digunakan sebagai pembangkit listrik.

Selain itu, 25 negara bagian dii AS diketahui memproduksi batubara dan sekaligus menjadikan sebagai negara dengan cadangan batubara terbesar.

3. India

Negara yang ketiga adalah India, total produksi batubara di negara ini mencapai 605 juta ton per tahun. Terlepas dari banyaknya produk batubara, India juga mengonsumsi batubara sebesar 8% secara global.

Negara ini dikabarkan memiliki cadangan batubara sebesar 60,6 miliar ton. Sebagian besar cadangan batubara di negara ini terletak di bagian tumur negara tersebut yang menyumbang sekitar 70% total cadangan.

4. Australia

Negara yang ke empat adalah Australia, negara ini memproduksi sekitar 413 juta ton per tahun. Negara ini mengekspor sebesar 90% dari total produksinya, sedangkan sisanya digunakan untuk penggunaan domestik.

Cadangan batubara di negara ini diperkirakan mancapai 76,4 miliar.

5. Indonesia

Yang selanjutnya adalah negara kita, Indonesia. Negara kita ini diperkirakan memproduksi sebesar 386 juta ton setiap tahunnya. Produksi batubara di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup signifikan hingga menyusul Australia.

Cadangan batubara di Indonesia diperkirakan mencapai 5,5 miliar ton. Bahkan beberapa tahun terakhir, aksi industri intensif oleh asosiasi penambang  sudah melihat pengurangan yang signifikan dalam jumlah total batubara di produksi.

Nah itulah beberapa negara dengan produksi terbesar di dunia yang kami kutip dari ilmutambang.com. Terlepas dari simpanan yang banyak, sebaiknya kita memanfaatkan batubara sebaik mungkin.