struktur teks anekdot

Pengertian dan Struktur Teks Anekdot

Teks anekdot adalah suatu pelajaran yang ada di materi Bahasa Indonesia, teks ini biasanya bisa anda temukan di berbagai media yang ada. Pada zaman dahulu, teks anekdot bisa anda temukan di koran. Tapi seiring perkembangan teknologi, teks ini bisa anda temukan di media sosial juga.

Nah pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai pengertian dan struktur teks anekdot, simak ulasannya di bawah ini.

Pengertian Teks Anekdot

Teks Anekdot adalah cerita singkat yang mengandung unsur lucu dan memiliki maksud untuk melakukan kritikan. Teks ini umumnya memiliki topik mengenai layanan publik. lingkungan, sosial, dan politik.

Selain memberikan rasa humor, teks ini juga harus memuat amanat, pesan moral maupun kebenaran secara umum. Sebenarnya teks anekdot bukan hanya berupa teks singkat saja, anekdot juga bisa berbentuk dialog singkat antara dua tokoh atau lebih.

Struktur Teks Anekdot

Nah berikut ini adalah struktur teks anekdot yang kami kutip dari academia.co,id, antara lain.

1. Abstraksi

Struktur yang pertama adalah abstraksi, struktur ini merupakan struktur yang paling awal. Struktur ini ditaruh di awal paragraf yang berfungsi untuk menggambarkan tentang teks tersebut secara umum supaya para pembaca bisa membayangkan.

2. Orientasi

Struktur orientasi adalah awal kejadian pada sebuah cerita atau bisa juga disebut bagian yang menjelaskan latar belakang mengapa peristiwa utama dalam cerita terjadi.

3. Krisis

Struktur yang selanjutnya adalah krisis, struktir ini menjelaskan mengenai pokok masalah utama dengan warna yang unik. Struktur ini juga terjadi pasa penulisnya sendiri.

4. Reaksi

Struktur yang selanjutnya adalah reaksi, struktur ini berisi bagian yang melengkapi berupa penyelesaian masalah menggunakan cara-cara yang unik serta berbeda.

5. Koda

Struktur yang terakhir adalah penutup, struktur ini merupakan bagian yang menutup cerita dalam sebuah teks anekdot.

Nah itulah sedikit penjelasan mengenai pengertian dan struktur teks anekdot. Jika anda masih bingung, silahkan tulis pertanyaan anda di kolom komentar.